CARA MENGATASI MATA GATAL SECARA ALAMI

CARA MENGATASI MATA GATAL SECARA ALAMI

Artikel biologi kali ini akan menjelaskan tentang penyebab mata gatal terus menerus dan cara mengobati mata gatal dan merah secara alami.


Cara Mengatasi Mata Gatal Secara Alami

Bagaimana cara mengatasi mata gatal dan perih ?


Banyak diantara kita yang mengalami mata sering gatal / kelopak mata gatal lalu kemudian kita menggaruknya dan lama kelamaan mata menjadi merah dan berair. Beberapa menit berselang mata kita tersebut menjadi iritasi dan rasanya seperti terbakar. Lalu apa penyebab mata gatal dan merah ini ?

Penyebabnya bisa karena debu, asap, air kolam renang yang mengandung klorin, obat tetes mata, soflens, kosmetik ataupun infeksi yang menyerang mata kita. Saat ini banyak kasus kelopak mata gatal dan perih dikarenakan infeksi blepharitis. Blepharitis adalah suatu kondisi dimata mata kering, merah dan terkadang bengkak dikarenakan adanya ketombe atau serpihan kulit kepala yang masuk ke kelopak mata.

cara mengatasi mata gatal secara alami
Mata Gatal Perih dan Berair

Adapun cara mengobati mata gatal secara alami antara lain :

  • Jangan menggaruk, mengucek atau menggosok mata yang gatal karena semakin digosok maka semakin gatal dan infeksipun semakin cepat tersebar.
  • Untuk meringankan gejala gatal tersebut kita bisa menggunakan kompres air dingin / air es. Caranya rendam handuk ke dalam air dingin lalu diperas dan taruh di kelopak mata selama beberapa menit. Jika perlu ulangi lagi sampai gejala gatal tersebut mereda.
  • Jika mata gatal akibat iritasi debu dan asap, kita bisa menggunakan obat tetes mata seperti Insto.
  • Jangan pernah memakai make up yang sudah lama walaupun belum expired. Contohnya jangan menggunakan maskara yang lebih dari 6 bulan.
  • Jika mata gatal dan ada rasa perih dikarenakan ada benda luar yang masuk ke mata, maka kita harus membersihkan kelopak mata tersebut. Caranya yaitu dengan merendam handuk di air hangat lalu kompres ke kelopak mata. Kemudian campur shampo bayi ke dalam air bersih. Gunakan air campuran tersebut untuk membersihkan kotoran yang masuk ke mata dengan cotton bud.
  • Jika mata gatal masih berlanjut kita bisa menggunakan obat iritasi mata merah yang banyak dijual di apotik ataupun obat tradisional untuk mata gatal dan berair. Salah satu cara mengobati mata gatal secara tradisional adalah dengan menggunakan bawang merah atau bawang putih. Caranya yaitu belah atau iris bawang menjadi 2 bagian kemudian irisan yang masih segar tersebut di oleskan ke dalam mata.

Itulah penjelasan singkat mengenai cara mengatasi mata gatal secara alami. Semoga artikel penyebab gatal pada mata dan cara mengatasinya ini bisa bermanfaat ya. Baca juga cara mengatasi mata kering secara alami 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *