CARA MENGATASI MATA KERING SECARA ALAMI

CARA MENGATASI MATA KERING SECARA ALAMI

Artikel biologi kali ini akan menjelaskan penyebab mata kering dan cara mengatasinya (cara merawat mata kering & obat mata kering).


Cara Mengatasi Mata Kering Secara Alami

Apa penyebab mata kering dan solusinya ?


Mata kering adalah suatu kondisi dimana mata tidak bisa memproduksi air mata yang cukup sehingga air mata tersebut tidak mampu melumasi mata dengan baik benar. Akibatnya mata akan terjadi iritasi atau dalam beberapa kasus mucul butiran-butiran. Setiap orang bisa terkena mata kering, namun kasus ini sering terjadi pada orang yang berusia sudah tua khususnya pada perempuan yang sudah menopause.

Penyebab mata kering bisa terjadi karena udara yang kering dan berangin seperti ruangan ber-AC ataupun karena terkena air kolam renang yang banyak mengandung klorin. Terkadang obat-obatan tertentu seperti obat diabetes, anthihistamin dan blepharitis juga bisa memicu membuat mata menjadi kering.

Adapaun cara mengobati mata kering secara alami yaitu :

  •  Cobalah sesering mungkin untuk mengedipkan mata terlebih jika kita mata kita sering fokus pada objek tertentu seperti melihat monitor komputer, membaca buku dsb.
  • Jangan terlalu lama fokus pada 1 objek yang monoton.
  • Minum setidaknya 6 sampai 8 gelas perhari.
  • Jangan minum terlalu banyak kopi dan minuman bersoda seperti coca-cola. Minuman tersebut akan membuat tubuh menjadi dehidrasi dikarenakan banyak mengandung kafein.
  • Jika terlalu sering berada di dalam ruangan ber-AC pakailah pelembab mata.
  • Pakailah kacamata renang jika kamu hendak berolahraga di kolam renang untuk menghindari iritasi mata.
  • Kalau kamu berkendara dengan sepeda motor, tutuplah wajah kamu dengan kaca helm.
  • Jika mata kering karena softlens berarti kamu perlu obat air mata artifisial.
cara mengatasi mata kering secara alami
mata kering karena softlens

Obat Mata Kering

Apa obat mata kering ?


Jika kamu telah melakukan cara-cara di atas namun tetap mengalami mata kering, mungkin kamu perlu obat mata kering. Saat ini ada berbagai macam obat untuk mata kering antara lain :

  • Air mata artifisial adalah obat tetes mata yang banyak mengandung hypromellose yang berfungsi sebagai pelumas mata untuk membuat mata menjadi lembab dan mengurangi gejala gatal-gatal dan perih yang disebabkan oleh mata kering. Contoh merk obat mata kering ini adalah isopto plain dan tears naturale.
  • Salep pelumas mata seperti lacri-lube yang biasanya digunakan pada malam hari sebelum tidur agar mata menjadi lembab.
  • Gel carbomer contohnya merk geltears yang lebih nyaman dibandingkan dengan air mata artifisial.

Itulah beberapa cara mengatasi mata kering secara alami. Semoga bermanfaat ! Baca juga faktor yang mempengaruhi kerja enzim serta pengaruhnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *