CARA MENGOBATI TIMBILEN DALAM SEMALAM

CARA MENGOBATI TIMBILEN DALAM SEMALAM

Artikel biologi kali ini akan menjelaskan penyebab mata timbilan dan cara mengobatinya (cara menghilangkan bintitan pada mata dengan cepat).


Cara Mengobati Timbilen Dalam Semalam

Bagaimana cara menyembuhkan penyakit timbilen secara alami ?


Timbilan atau timbilen biasa dikenal dengan sebutan bintitan. Timbilen adalah munculnya benjol merah di sekitar pinggiran kelopak mata. Benjolan tersebut membengkak dan akan terasa semakin sakit seiring dengan besarnya bentuk timbilan tersebut.

Penyebab mata timbilan adalah infeksi oleh bakteri staphylococcus aureus yang berada di dasar bulu mata. Infeksi ini bisa dikarenakan kebersihan mata yang tidak dijaga seperti tidak memakai helm saat naik motor, terlalu banyak mengucek mata, seprai / sarung bantal yang kotor, penggunaan maskara yang sudah terkontaminasi, masuknya ketombe dan helaian rambut ke mata dsb. Pada umumnya mata yang bintitan ini akan peka terhadap cahaya dan berair.

cara mengobati timbilen dalam semalam
Mata Timbilan

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menyembuhkan timbilen secara alami atau yang paling sering ditanyakan adalah bagaimana cara menghilangkan bintitan dalam sehari semalam ?

Cara mengobati timbilen di mata pada dasarnya hampir sama seperti cara mengatasi mata gatal & sakit mata lainnya. Cara mengobati timbilen dengan cepat dalam semalam adalah dengan memecahkan bisul timbilan tersebut. Timbilan bermata yang meletus atau pecah akan membuat sakit berkurang. Caranya bisa dengan menusuknya dengan peniti ataupun jarum yang steril yang telah dipanaskan atau diberi alkohol terlebih dahulu.

Namun cara mengobati timbilen secara alami dengan memecahkannya akan sulit jika timbilan tersebut masih kecil terlebih tidak ada mata bisulnya. Jika timbilan masih kecil, kompreslah timbilen tersebut dengan handuk panas. Kompresan handuk panas ini cukup ampuh untuk mengempeskan timbilen yang masih kecil dan mengurangi rasa gatal.

Selain cara di atas, ada beberapa cara tradisional yang tidak kalah ampuhnya yaitu cara menghilangkan bintitan dengan bawang putih. Bawang putih dapat mengobati mata timbilan secara alami karena banyak mengandung senyawa anti bakteri yang mampu melenyapkan semua bakteri penyebab mata bintilan. Adapun langkah-langkahnya yaitu :

  • Bersihkan mata dengan air hangat.
  • Ambil satu siung bawang putih.
  • Parut atau tumbuh bawang putih sampai halus.
  • Kemudian oleskan di atas kelopak mata yang terkena bintilan.

Dengan cara di atas dijamin timbilan bisa lenyap dalam satu malam. Itulah penjelasan singkat mengenai penyebab mata timbilan dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat. Baca juga cara mengatasi mata lebam habis menangis 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *