CONTOH BIOTEKNOLOGI MODERN BIDANG PERTANIAN

CONTOH BIOTEKNOLOGI MODERN BIDANG PERTANIAN

Artikel bioteknologi ini akan menjelaskan contoh aplikasi bioteknologi modern dalam bidang pertanian (contoh bioteknologi modern dalam bidang pangan).


Contoh Bioteknologi Modern Bidang Pertanian

Apa contoh aplikasi bioteknologi modern dalam bidang pertanian ?


Beberapa contoh aplikasi bioteknologi modern di bidang pertanian / contoh bioteknologi modern dan fungsinya antara lain :

Tanaman Kapas Antiserangga

Tanaman kapas yang tahan terhadap serangan hama serangga bisa dibuat melalui teknik rekayasa genetika atau DNA rekombinan. Caranya yaitu dengan mensisipi gen delta endotoksin Bacillus thuringiensis ke dalam tumbuhan kapas. Dengan demikian tanaman kapas tersebut akan memproduksi protein delta endotoksin.

Jika ada hama serangga yang memakan tanaman kapas ini, maka serangga tersebut akan mati keracunan dikarenakan enzim lambung serangga akan bereaksi dengan protein tersebut.

Padi Transgenik

Salah satu tanaman padi unggulan sekaligus contoh bioteknologi modern yg diperlukan dalam peningkatan produksi pangan adalah padi rojolele transgenik. Padi ini ukurannya sangat tinggi, usianya lebih lama jika dibandingkan dengan padi pada umumnya. Berasnya pulen, enak dan wangi.

Saat ini padi transgenik banyak dibuat dan dikembangkan seperti padi yang tahan akan cuaca dingin. Padi yang tahan terhadap cuaca dingin ini bisa diperoleh dengan memasukkan gen hewan kutub atau hewan yang hidup dilokasi dingin ke dalam kromosom padi.

Bunga Antilayu dan Buah Tahan Busuk

Etilen adalah hormon pertumbuhan yang menyebabkan bunga menjadi layu. Kelayuan pada bunga terjadi akibat adanya gen yang sensitif terhadap etilen pada mahkota bunga. Jika gen tersebut kita ganti dengan gen yang kurang sensitif terhadap etilen, maka kelayuan pada bunga tersebut dapat berkurang ataupun bisa ditunda.

Dengan metode rekayasa genetika seperti ini, sekarang kita sudah bisa melihat bunga anyelir transgenik yang bisa segar dan tidak layu selama 3 minggu, padahal anyelir normal cuma bisa segar selama 3 hari saja.

Selain itu, etilen juga berfungsi untuk merangsang pematangan buah. Jika kita menghambat zat etilen dengan rekayasa genetika, maka buah bisa tetap segar dalam kurun waktu yang cukup lama. Contoh hasil bioteknologi modern ini yaitu tomat flavr savr yang tahan busuk.

Tembakau yang resisten terhadap Virus

Virus TMV (Tobacco Mozaic Virus) merupakan penyakit tanaman tembakau yang sangat merugikan. Namun dengan bioteknologi modern, tanaman tembakau anti infeksi virus TMV sekarang ini sudah banyak dihasilkan. Caranya yaitu dengan mensisipi plasmid Ti dan gen anti TMV ke dalam kromosom tembakau. Tanaman ini diperbanyak dengan teknik kultur jaringan.

Pembuatan Pupuk Organik

Pupuk organik dibuat dengan memanfaatkan mikrobia. Contohnya yaitu pupuk superfosfat yang dibuat melalui teknologi Bio-SP dengan menggunakan mikrobia pelarut fosfat. Dengan metode ini, pupuk tersebut tidak akan mencemarkan lingkungan dan harganya relatif murah.

Kain ’’alami” sintetis

Seperti kita ketahui bahwa kain dari serat alami mudah putus dan punya tekstur yang halus, sedangkan kain dari poliester / serat sintetis tidak mudah putus dan teksturnya kasar dan panas. Dengan bioteknologi modern, kita bisa membuat kain yang tidak mudah putus dan punya tekstur yang halus dan tidak panas. Caranya yaitu dengan menggunakan gen bakteri yang mampu mensintesis poliester.


Itulah beberapa contoh bioteknologi modern dalam bidang pertanian. Semoga bermanfaat ! Baca juga tahapan kultur jaringan tumbuhan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *