FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TUMBUHAN

Artikel biologi ini akan menjelaskan faktor eksternal pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan).


Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Apa faktor external pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan ?


Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman adalah hal yang penting untuk kita ketahui terlebih ketika kita mau membudidayakan suatu tumbuhan tertentu. Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yaitu :


Suhu / Temperatur Udara

Suhu mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap berbagai aktivitas tumbuhan seperti proses respirasi, fotosintetsi, reproduksi dan transpirasi. Jika suhu terlalu tinggi maka kegiatan tumbuhan akan menjadi terganggu. Suhu ideal yang cocok untuk tumbuhan rata-rata berkisar antara 10°C s/d 35°C.


Air

Air adalah salah satu komponen kehidupan yang penting bagi tumbuhan. Fungsi air bagi tumbuhan adalah untuk :

  • Mempercepat perkecambahan biji.
  • Melarutkan zat.
  • Membantu mengangkut berbagai unsur hara dan hasil fotosintesis.
  • Membantu mempercepat laju proses fotosintesis.
  • Sebagai tempat untuk berbagai macam reaksi enzimatis

Cahaya

Fungi cahaya bagi tumbuhan yaitu :

  • Membantu proses fotosintesis dan menghasilkan makanan.
  • Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Derajat Keasaman Tanah / pH

pH tanah sangat mempengaruhi tingkat pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Bahkan beberapa jenis tanaman akan mati keracunan jika ditanam pada pH tanah yang tidak sesuai.


Kelembapan Udara dan Tanah

Kelembapan udara punya pengaruh yang besar terhadap proses transpirasi tumbuhan. Jika tingkat kelembapan udara suatu tempat cukup rendah, maka akan membuat laju transpirasi tanaman menjadi meningkat. Dengan demikian, hal ini dapat meningkatkan penyerapan air dan unsur hara tumbuhan.

Hal yang sama juga terjadi jika tanah cukup lembab. Tanah yang lembab akan membuat penyerapan air oleh tanaman menjadi meningkat. Efeknya penguapanpun akan berkurang dan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan menjadi cepat. Tanah yang lembab juga sangat membantu mempercepat pertumbuhan kecambah biji.


Oksigen

Oksigen sangat diperlukan oleh tumbuhan. Fungsi oksigen adalah untuk melakukan proses respirasi aerob. Dengan terjadinya respirasi maka tumbuhan bisa mendapatkan energi dan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Tumbuhan yang kekurangan oksigen perlahan lahan akan layu dan mati.


Nutrien

Nutrien diperlukan tumbuhan sebagai sumber energi. Jika tumbuhan kekurangan nutrien maka pertumbuhannya akan menjadi terhambat (defisiensi). Adapun macam-macam nutrien yang dibutuhkan tumbuhan yaitu :

  •  Mikronutrien. Mikronutrien adalah unsur mikro yang terdiri dari berbagai macam unsur mineral. Biasanya dibutuhkan hanya dalam jumlah yang sedikit. Contoh mikronutrien yaitu : tembaga (Cu), boron (B), mangan (Mn), klor (Cl), molibdenum (Mo), seng (Zn) dan besi (Fe).
  • Makronutrien. Makronutrien adalah unsur makro yang terdiri dari unsur mineral yang diperlukan tumbuhan dalam jumlah yang banyak. Contoh makronutrien yaitu : magnesium (Mg), fosfor (P), karbon (C), sulfur (S), kalium (K), oksigen (O), hidrogen (H), nitrogen (N) dan kalsium (Ca).

Itulah penjelasan singkat mengenai faktor luar pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Semoga bermanfaat. Baca juga fungsi gas etilen terhadap pertumbuhan tumbuhan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *