KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BROJO LINTANG

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BROJO LINTANG

Artikel tentang tanaman obat brojo lintang ini akan menjelaskan ciri ciri brojo lintang lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi brojo lintang (klasifikasi dan morfologi tanaman brojo lintang).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Brojo Lintang

klasifikasi tumbuhan brojo lintang - foto tanaman brojo lintang
Foto Tanaman Brojo Lintang

Nama lain brojo lintang antara lain : semprit, wordi (Jawa), jamaka, suliga (Sunda) & katna, kiris, ketep (Minahasa). Di Indonesia, tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Saat ini brojolintang sudah banyak tersebar hingga ke Benua Eropa dan Amerika.

Di Indonesia, pemanfaatan rimpangnya secara bersama-sama dengan daun sirih Piper betle dikunyah ibu-ibu setelah melahirkan. Namun perlu diingat bahwa wanita hamil dilarang meminum jus akar brojolintang karena bisa merangsang keguguran terutama pada trismester pertama. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi brojo lintang :


Klasifikasi Brojo Lintang

Apa klasifikasi ilmiah brojo lintang & nama simplisia brojo lintang ?


Nama latin brojo lintang atau nama ilmiah brojo lintang adalah Iris domestica (L.) Klasifikasi tumbuhan brojo lintang adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Lilianae
ORDO : Asparagales
FAMILI : Iridaceae
GENUS : Iris L.
SPESIES : Iris domestica (L.) Goldblatt & Mabb.

Tabel klasifikasi tanaman brojo lintang


Morfologi Brojo Lintang

Apa ciri ciri morfologi brojo lintang / ciri ciri tanaman brojo lintang ?


Ciri khusus brojo lintang / ciri khas brojo lintang & struktur morfologi brojo lintang yaitu :

Morfologi Batang Brojo Lintang

Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan perenial, tinggi tanaman dapat mencapai hingga 150 cm. Batangnya bercabang, rata-rata bercabang 3-5 membentuk malai rata-corymbose-di bagian atas.
Morfologi Daun Brojo Lintang

Daun brojo lintang bentuknya tegak seperti kipas. Jumlah daun sekitar 8 – 14 per batang. Mirip dengan daun gladiol dengan tepian rata. Panjang daun 20-60 cm, lebar 2 – 4,5 cm.

Morfologi Bunga Brojo Lintang

Bunganya termasuk hermaphrodite, hanya ada di ujung batang. Seludang bunga kecil, berbunga antara 6-12.Warna dasar mahkota bunga jingga dan kuning dengan titik-titik kemerahan mirip dengan pola macan. Tangkai putiknya lebih panjang daripada benang sari.

Morfologi Buah Brojo Lintang

Buah berbentuk lonjong memanjang atau obovoid bulat telur sungsang. Panjang buah sekitar 1,5 – 3 cm.Tipe kapsul bersisi tiga dengan alur longitudinal yang dalam.

Morfologi Biji Brojo Lintang
Bentuk biji hampir bulat. Biji yang muncul dari polong buah yang terbuka berwarna hitam mengkilap yang bergerombol terlihat mirip seperti buah blackberry.

Morfologi Rimpang Brojo Lintang

Akarnya merupakan jenis akar rimpang merayap yang ditandai dengan luka melingkar bekas batang tua.


Khasiat Tanaman Brojo Lintang

Apa manfaat brojo lintang untuk kesehatan ?


Khasiat brojo lintang untuk kesehatan antara lain :

  • Brojolintang digolongkan sebagai herba dingin dan memiliki fungsi sebagai analgesik ekspektoran, antibakteri, dan anticendawan.
  • Rimpangnya yang pahit dan bersifat asam dimanfaatkan untuk mengatasi sakit tenggorokan dan saluran pernapasan atas sepertiamandel, batuk, laringitis, faringitis, dan asma.
  • Akarnya yang dibuat jus bisa untuk mengobati gangguan lever.
  • Dapat mengobati pembengkakan lever dan limfa serta gigitan ular.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan brojo lintang secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan brojo lintang ya kawan ! Baca juga klasifikasi tanaman kembang bokor 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *