KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BUNGA KENOP

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BUNGA KENOP

Artikel tentang tanaman obat bunga kenop ini akan menjelaskan ciri ciri bunga kenop lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi bunga kenop (klasifikasi dan morfologi tanaman bunga kenop).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Bunga Kenop

klasifikasi tumbuhan bunga kenop - foto bunga kenop
Foto Bunga Kenop

Nama lain bunga kenop / nama daerah bunga kenop antara lain : bunga kancing, udel-udelan (Jawa), kembang puter, ratnapakaja (Sumatera) dan taimantulu (Gorontalo). Bunga kenop adalah tanaman asli India, Guatemala, Brasil, Myanmar, dan Panama.

Bunga kenop dipercaya memiliki sifat sebagai ekspektoran dan estrogenik. Selain itu, infusa dari bunganya bersifat hipertensif yang menaikkan tekanan darah. Orang Brazil banyak yang memakainya untuk menurunkan tekanan darah tinggi, demam, bronkhitis, mengobati diabetes, dan gangguan-gangguan lain pada saluran pernapasan.

Di India, bunganya banyak digunakan untuk keperluan pemujaan atau doa-doa. Di Hawai banyak yang merangkai bunga kenop yang sudah kering menjadi kalung bunga. Sedangkan di Indonesia, bunga kenop banyak ditemukan tumbuh liar di pinggir jalan maupun dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi bunga kenop :


Klasifikasi Bunga Kenop

Apa klasifikasi ilmiah bunga kenop & nama simplisia bunga kenop ?


Nama latin bunga kenop atau nama ilmiah bunga kenop adalah Gomphrena globosa L. Klasifikasi tumbuhan bunga kenop adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Amaranthaceae
GENUS : Gomphrena L.
SPESIES : Gomphrena globosa L.

Tabel klasifikasi tanaman bunga kenop


Morfologi Bunga Kenop

Apa ciri ciri morfologi bunga kenop / ciri ciri tanaman bunga kenop ?


Ciri khusus bunga kenop / ciri khas bunga kenop & struktur morfologi bunga kenop yaitu :

Morfologi Batang Bunga Kenop

Tanaman obat bunga kenop merupakan jenis tanaman semak semusim. Tinggi tanaman dapat mencapai hingga 60 cm. Mempunyai akar tunggang, berwarna kuning kecokelatan. Batangnya tebal, lunak, serta bercabang. Cabang terlihat agak bersegi empat. Seluruh tanamannya tertutup rambut halus panjang yang berwarna putih.

Morfologi Daun Bunga Kenop

Daun bunga kenop merupakan daun tunggal yang tumbuh saling bertolak belakang. Lembaran daunnya tipis seperti kertas dengan bentuk panjang melingkar hingga elips. Panjang lembaran daun sekitar 5 – 10 cm dengan lebar sekitar 2 – 4 cm.

Panjang tangkai daun sekitar 1 – 1,3 cm, berambut halus berwarna keabu-abuan. Daun di bagian bawah yang mendekati permukaan tanah hampir tidak memiliki tangkai daun. Pinggiran daun bergelombang-sinuate dengan ujung tumpul. Pada kedua permukaannya terdapat titik-titik kecil.

Morfologi Bunga Kenop

Bunga kenop berwarna ungu kemerahan, ungu terang, atau putih terang. Bunganya tersusun atas capitulum atau bonggol bunga yang merapat lembarannya sehingga membentuk kepala-berbentuk bulat atau panjang membulat. Berkelamin 2 dan berbulu. Bunga pada umumnya muncul tunggal di ketiak daun dan bagian atas cabang. Kadang terdapat 2-3 tangkai bunga menyatu.

Morfologi Buah dan Biji Bunga Kenop

Buahnya seperti kotak, bentuk segitiga, masing-masing terbungkus lapisan tipis. Sedangkan bijinya berbentuk seperti ginjal yang berwarna cokelat terang.


Khasiat Tanaman Bunga Kenop

Apa manfaat bunga kenop untuk kesehatan ?


Khasiat bunga kenop untuk kesehatan antara lain :

  • Ekstrak daunnya mempunyai efek antihipotensif, dengan jalan menurunkan tekanan darah tanpa mempengaruhi pola irama detak jantung.
  • Daunnya bisa dipakai untuk ramuan penambah nafsu makan, disentri dan obat sesak napas.
  • Bunga kenop dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi penyakit prostat.
  • Bunganya dapat diseduh menjadi teh untuk mengobati flu.
  • Bunganya juga dapat membersihkan lever, memperjelas pandangan mata, dan sebagai zat detoksifikasi.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan bunga kenop secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan bunga kenop ya kawan ! Baca juga klasifikasi tanaman brojo lintang 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *