KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BUNGA MENTEGA

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI BUNGA MENTEGA

Artikel tentang tanaman obat bunga mentega ini akan menjelaskan ciri ciri bunga mentega lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi bunga mentega (klasifikasi dan morfologi tanaman bunga mentega).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Bunga Mentega

klasifikasi tanaman bunga mentega - foto bunga mentega
Foto Bunga Mentega

Nama lain bunga mentega antara lain : bunga jepang, oleander, dan jure (Sunda). Tanaman ini berasal dari daerah tropis dan subtropis Asia. Banyak tumbuh di daerah aliran sungai, wilayah berbatu kerikil, dan hutan. Di Indonesia, bunga mentega banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Terkadang daunnya diletakkan di sela-sela kertas untuk mencegah serangga. Di Italia, getah dari kulitnya dipakai sebagai bahan pembuatan racun tikus.

Tanaman bunga mentega banyak mengandung triterpenoid, kardiak glikosida, dan bioaktif pregnane. Walaupun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sebenarnya tanaman bunga mentega beracun bagi manusia, ternak, hewan peliharaan, dan burung.

Sifat racun itu muncul karena kandungan kardiakglikosida, terutama oleandrin. Jika kita bersentuhan langsung dengan getahnya maka akan dapat menyebabkan menyebabkan dermatitis, iritasi, dan alergi pada kulit. Bahkan menghirup asap pembakaran bunga mentega juga bisa menimbulkan gejala keracunan. Pemanfaatan tanaman bunga mentega sebagai herbal harus diawasi herbalis dan tabib secara ketat. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi bunga mentega :


Klasifikasi Bunga Mentega

Apa klasifikasi ilmiah bunga mentega ? Apa nama simplisia bunga mentega ?


Nama latin bunga mentega atau nama ilmiah bunga mentega adalah Nerium oleander L. Klasifikasi tumbuhan bunga mentega adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Gentianales
FAMILI : Apocynaceae
GENUS : Nerium L.
SPESIES : Nerium oleander L.

Tabel klasifikasi tanaman bunga mentega


Morfologi Bunga Mentega

Apa ciri ciri morfologi bunga mentega / ciri ciri tanaman bunga mentega ?


Ciri khusus bunga mentega / ciri khas bunga mentega & struktur morfologi bunga mentega yaitu :

Morfologi Batang Bunga Mentega

Tanaman bunga mentega dapat tumbuh tegak hingga 6 m. Cabangnya berwarna hijau keabu-abuan. Jika dipatahkan, batang akan menghasilkan getah berwarna putih.

Morfologi Daun Bunga Mentega

Daunnya tumbuh berpasangan. Panjang daun sekitar 11 – 22 cm dengan lebar sekitar 2 – 2,5 cm. Bagian dasar daun melebar dengan ujung meruncing. Permukaan daun bagian atas berwarna hijau gelap sedangkan bagian bawah hijau terang. Urat daun lateral rata pada kedua permukaan. Tangkai daun rata berukuran sekitar 5 – 8 mm.

Morfologi Bunga Mentega

Bunganya cukup banyak dan mengeluarkan aroma harum. Mahkota bunga berwarna merah tua, putih, ungu, atau merah muda. Daun pelindung lanceolate seperti tombak memajang. Calyx (kelopak bunga) terbagi 5, berwarna merah. Stamen (benang sari) 5.

Morfologi Buah dan Biji Bunga Mentega

Buahnya berfolikel 2, terpisah, bulat memanjang dengan kedua ujungnya runcing. Panjang buah sekitar 10 – 23 cm, berwarna hijau, mulus tanpa rambut. Ketika masak, buah berwarna cokelat dan terbelah. Sedangkan bijinya berbentuk bulat memanjang, berambut dan berwarna cokelat.


Khasiat Tanaman Bunga Mentega

Apa manfaat bunga mentega untuk kesehatan ?


Khasiat bunga mentega untuk kesehatan antara lain :

  • Dapat dipakai sebagai zat anti kanker.
  • Bisa mengobati leukemia.
  • Menguatkan kinerja jantung.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan bunga mentega secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan bunga mentega ya kawan ! Baca juga klasifikasi tanaman bunga kenop 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *