KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI JINTAN PUTIH

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI JINTAN PUTIH

Modul biologi kali ini akan menjelaskan ciri ciri jintan putih lengkap beserta klasifikasi dan morfologi tanaman jintan putih (klasifikasi dan deskripsi jintan putih).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Jintan Putih

klasifikasi tanaman jintan putih
Foto Jintan Putih

Jintan putih atau yang biasa disebut orang Jawa sebagai jinten adalah tanaman rempah yang mempunyai aroma menyengat. Tanaman rempah ini sudah sangat terkenal sekali terutama di wilayah timur mediteranian seperti India, Yunani, Persia, Mesir sampai Afrika. Bahkan negara-negara seperti Cina, Turki, Mesir, India dan Chili membudayakan tanaman ini secara besar-besaran.

Tanaman jintan putih dapat tumbuh dengan baik di wilayah yang beriklim sejuj seperti di daerah pegunungan. Kandungan minyak esensialnya cukup banyak. Di kehidupan sehari-hari tanaman jinten ini banyak digunakan sebagai bumbu masak. Bijinya dapat dipergunakan sebagai obat tradisional. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi jintan putih :


Klasifikasi Jintan Putih

Apa klasifikasi ilmiah jintan putih ? Apa nama simplisia jinten putih ?


Nama latin jintan putih atau nama ilmiah jintan putih adalah Cuminum cyminum L. Klasifikasi tumbuhan jintan putih adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Apiales
FAMILI : Apiaceae
GENUS : Cuminum L.
SPESIES : Cuminum cyminum L

Tabel klasifikasi tanaman jintan putih


Morfologi Jintan Putih

Apa ciri ciri morfologi jintan putih / ciri ciri tanaman jintan putih ?


Ciri khusus jintan putih / ciri khas jintan putih & struktur morfologi jintan putih yaitu :

Jintan putih adalah tanaman terna yang sangat jarang ditanam di Indonesia. Hal ini dikarenakan iklimnya yang kurang baik. Walaupun bisa ditanam namun hasilnya akan menjadi buruk tidak seperti jika di tanaman di pegunungan Himalaya dkk.

Morfologi Batang & Daun Jintan Putih

Jintan putih mempunyai batang yang berkayu. Tinggi batang jintan putih dapat mencapai 1 sampai dengan 3 meter. Batangnya tidak berbulu dan mempunyai garis-garis.

Daun jintan putih memiliki pelepah daun layaknya ranting-ranting yang kecil dan bertumpuk membentuk lingkaran. Wujud daunnya tidak seperti lembaran akan tetapi lebih mirip benang-benang pendek yang kaku. Panjang daunnya dapat mencapai hingga 10cm.

Morfologi Bunga dan Buah Jintan Putih

Bunga jintan putih berbentuk payung berwarna merah muda atau putih. Bentuk buahnya buat memanjang. Panjang buah dapat mencapai hingga 7mm dengan lebar 3mm. Setiap buahnya mengandung 1 biji. Biji jintan putih ini berbentuk bulat panjang beroma harum dengan warna kuning kecoklatan.


Khasiat Tanaman Jintan Putih

Apa manfaat jintan putih untuk kesehatan ?


Khasiat jintan putih untuk kesehatan antara lain sebagai antioksidan, antimikrobia, antibakteri, antikarsinogenik, karminatif, dsb. Adapun beberapa manfaat jintan putih bagi kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker
  • Mengobati gangguan pencernaan seperti naiknya asam lambung
  • Mengobati diare
  • Dapat menurunkan tekanan darah
  • Digunakan sebagai antiseptik
  • Menetrasilir racun seperti gigitan kalajengking
  • Mengobati penyakit pneumia
  • Dapat dijadikan sebagai obat pencahar
  • Mengobati gangguan pernapasan
  • Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan jintan putih secara singkat. Semoga artikel tentang jintan putih ini bisa menambah wawasan kamu akan ciri ciri tumbuhan jintan putih ya teman 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *