KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SAWO

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SAWO

Artikel tentang tanaman sawo ini akan menjelaskan ciri ciri sawo lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi sawo (klasifikasi dan morfologi tanaman sawo).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Sawo

klasifikasi tumbuhan sawo - foto tanaman sawo
Foto Tanaman Sawo

Nama lain sawo / nama daerah sawo antara lain : sabu manila (Madura), sabo jawa (Bali), sawo manila (Sunda), sawo landa, ciku, sawo londo dsb. Bahasa inggris sawo adalah sapodiila atau naseberry. Sawo merupakan tanaman asli Meksiko, Amerika Tengah, dan Persekutuan Hindia Barat (West Indies).

Saat ini sawo banyak dibudidayakan di Indonesia terutama di dataran rendah karena sangat baik untuk di tanam di daerah tropis. Kayunya seringkali dibuat lemari dan mebel. Sedangkan zat tanin yang berasal dari kulit kayunya digunanakan untuk bahan pewarna kapal layar dan perlengkapan memancing

Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi sawo :


Klasifikasi Sawo

Apa klasifikasi ilmiah sawo ? Apa nama simplisia sawo ?


Nama latin sawo atau nama ilmiah sawo adalah Manilkara zapota (L.) P. Royen (sinonim Achras zapota L. ). Klasifikasi tumbuhan sawo adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Ericales
FAMILI : Sapotaceae
GENUS : Manilkara Adans
SPESIES : Manilkara zapota (L.) P. Royen

Tabel klasifikasi tanaman sawo


Morfologi Sawo

Apa ciri ciri morfologi sawo / ciri ciri tanaman sawo ?


Ciri khusus sawo / ciri khas sawo & struktur morfologi sawo yaitu :

Morfologi Batang Sawo

Tinggi pohon sawo dapat mencapai hingga 30 meter, namun pada umumnya tingginya hanya sekitar 9-15 m. Batangnya kasar dan mengandung latek. Terkadang batang sawo terdapat bercak-bercak.

Morfologi Batang Sawo

Daun sawo tumbuh berselang-seling dengan tepi daun yang rata dan sedikit berbulu. Bentuk daunnya bulat telur atau elips. Ukuran daunnnya sekitar 7 – 15 cm.

Morfologi Bunga Sawo

Bunga sawo warnanya putih. Bentuknya seperti lonceng. Tiga sepal luar berwarna cokelat dan berambut, sedangkan tiga sepal bagian dalam disertai mahkota berwarna hijau pucat dan 6 stamen (benangsari).

Morfologi Buah Sawo

Buahnya beri berbentuk elips dengan diameter 4-8 cm. Buah yang belum matang mengandung saponin tinggi dengan aroma seperti tanin. Daging buahnya berwarna kuning pucat hingga kecokelatan. Buah mengandung lateks. Buah tidak matang sebelum dipetik atau disebut dengan julukan buah klimaterik. Rasanya sangat manis, banyak orang yang menyebut rasanya mirip dengan rasa karamel.

Morfologi Biji Sawo

Bii sawo berwarna hitam, sangat keras bentuknya elips, meruncing di satu membulat di sisi lainnya. Dalam satu buah terdapat 2 sampai 10 biji.


Khasiat Tanaman Sawo

Apa manfaat sawo untuk kesehatan ?


Buah sawo banyak mengandung gula, asam askorbat, fenol, karotenoid, protein, dan mineral seperti Zn, Ca, Fe, Cu, dan K. Bijinya banyak mengandung quercitol (5-deoxyinositol). Ekstrak etil asetat kulit batang dan daun sawo mengandung terpenoid, flavonoid dan glikosida. Sedangkan kulit kayunya banyak mengandung lateks 20-25% yang mirip dengan gutta percha, tanin 11,8%.

Khasiat sawo untuk kesehatan antara lain :

  • Bijinya dapat mengurangi suhu tubuh.
  • Bunganya dapat dijadikan bedak.
  • Taninnya dapat digunakan untuk mengobati deman dan diare.
  • Zat anti kanker.
  • Zat gum yang terdapat pada kulit kayunya dapat dijadikan obat sakit gigi.
  • Mengatasi berbagai penyakit yang berkaitan dengan usus dan lambung.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan sawo secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan sawo ya kawan ! Baca juga klasifikasi dan morfologi pacar air 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *