KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SELASIH

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SELASIH

Artikel tentang tanaman selasih ini akan menjelaskan ciri ciri selasih lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi selasih (klasifikasi dan morfologi tanaman selasih).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Selasih

klasifikasi tanaman daun selasih - foto daun selasih
Foto Daun Selasih

Nama lain tanaman selasih / nama daerah selasih antara lain : telasih (Jawa), solasih (Sunda), amping (Minahasa), selaseh (Melayu) dan kukuru (Minahasa). Bahasa inggis selasih adalah basil atau sweet basil. Kata basil tersebut berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu basileus yang berarti raja.

Basil termasuk tanaman kuno yang sudah dibudidayakan  di zaman Mesir pada 3000 tahun yang lalu. Saat ini selasih banyak dibudidayakan untuk mengambil minyak atsirinya, yaitu dengan cara mengeringkannya selama 1-3 hari di bawah sinar matahari maupun dengan cara destilasi uap.

Daun selasih dalam masakan sangat banyak sekali kegunaannya yaitu sebagai penyedap rasa bahan panggangan, cuka saus, acar, dan produk daging. Dalam masakan Italia, daun selasih banyak digunakan dalam berbagai hidangan seperti pizza, pasta, keju, ayam, dan pesto. Sedangkan di Perancis selasih digunakan dalam pembuatan omlet dan sup. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi selasih :


Klasifikasi Selasih

Apa klasifikasi ilmiah selasih ? Apa nama simplisia selasih ?


Nama latin selasih atau nama ilmiah selasih adalah Ocimum basilicum L. Klasifikasi tumbuhan selasih adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Lamiaceae
GENUS : Ocimum L.
SPESIES : Ocimum basilicum L.

Tabel klasifikasi tanaman selasih


Morfologi Selasih

Apa ciri ciri morfologi selasih / ciri ciri tanaman selasih ?


Ciri khusus selasih / ciri khas selasih & struktur morfologi selasih yaitu :

Morfologi Batang Selasih

Pohon selasih banyak ditemukan di daerah tropis seperti Asia Tenggara, subtropis dan daerah yang beriklim hangat. Termasuk ke dalam tumbuhan aromati berumur pendek.

Tinggi pohonnya bisa mencapai 1 meter. Batang membentuk quadrangular atau bersegi empat, dengan tebal sekitar 6 mm. Cabangnya banyak, halus atau berbulu ketika muda, berwarna hijau muda hingga ungu tua.

Morfologi Daun Selasih

Daunnya bercitarasa kuat, manis, dan pedas tajam. Warna daunnya hijau muda hingga hijau keunguan, halus hingga sedikit berbulu. Daunnya tunggal tumbuh berhadapan. Bentuknya bulat telur hingga elips agak meruncing di bagian ujung dengan panjang sekitar 5 cm.

Morfologi Bunga Selasih

Bunga selasih merupakan bunga majemuk. Mahkotanya tubular dua lapis dengan panjang sekitar 5-8 mm dan berbulu di bagian luar. Warnanya putih-keunguan, putih, atau kuning krem.

Morfologi Buah Selasih

Buah selasih terdiri ats 4 nutlet-buah kecil yang memiliki cangkang tersendiri dan satu buah biji yang berbeda tertutup dalam tabung di kelopak. Nutlet tersebut berbentuk bulat telur dengan ukuran 1-2 mm x 1 mm, warnanya hitam hingga cokelat tua. Biji selasih berwarna hitam.


Khasiat Tanaman Selasih

Apa manfaat selasih untuk kesehatan ?


Kandungan kimia selasih antara lain :

  • Methyl chavicol (estragol)
  • Methyl cinnamate
  • Methyl eugenol
  • Methyl cinnamate / linalool
  • Methyl chavicol / citral
  • Linalool

Khasiat selasih untuk kesehatan antara lain :

  • Ekstrak daunnya merupakan zat stimulan dan karminatif yang dapat mengobati mengobati batuk, disentri kronis, muntah, demam, malaria dan diare.
  • Bijinya digunakan sebagai obat-obatan dan bahan minuman non alkohol.
  • Mampu meredakan sakit kepala dan sakit saraf.
  • Sebagai zat anticonvulsant dan antiinflamasi.
  • Mampu mencegah penyakit stroke.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan selasih secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan selasih ya kawan ! Baca juga klasifikasi dan morfologi sawo 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *