KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SRIGADING

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI SRIGADING

Artikel tentang tanaman srigading ini akan menjelaskan ciri ciri srigading lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi srigading (klasifikasi dan morfologi tanaman srigading).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Srigading

klasifikasi bunga srigading - foto bunga srigading
Foto Bunga Srigading

Nama lain tanaman srigading adalah kembang pengantin, daun karangan, sarigading, suruh gading dan sirih gading. Srigading merupakan tanaman asli Asia bagian selatan. Banyak tumbuh di Nepal, Pakistan, India dan Thailand.

Di daerah Jawa, tanaman ini banyak ditanam di pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bunganya berbau harum dan mekar pada waktu sore hari dan gugur di esok harinya.
Bunga-bunga yang berguguran, daun keringnya sering digunakan sebagai bahan jamu dan obat tradisional. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi srigading :


Klasifikasi Srigading

Apa klasifikasi ilmiah srigading ? Apa nama simplisia srigading ?


Nama latin srigading atau nama ilmiah srigading adalah Nyctanthes arbor-tristis. Klasifikasi tumbuhan srigading adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Lamiales
Famili : Oleaceae
Genus : Nyctanthes
Spesies : Nyctanthes arbor-tristis

Tabel klasifikasi tanaman srigading


Morfologi Srigading

Apa ciri ciri morfologi srigading / ciri ciri tanaman srigading ?


Ciri khusus srigading / ciri khas srigading & struktur morfologi srigading yaitu :

Morfologi Batang Srigading

Pohon srigading banyak tumbuh di semak-semak hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Batangnya berkayu berbentuk bulat dan warnanya keabu-abuan. Pohonnya membentuk semak atau pohon kecil yang tingginya dapat mencapai 10 meter.

Morfologi Daun Srigading

Daunnya tumbuh bertolak belakang. Tepi daunnya rata. Pertulangan daunnya menyirip. Panjang daun sekitar 6 – 12 cm dengan lebar 2 – 6,5 cm.

Morfologi Bunga Srigading

Bunga srigading baunya wangi. Mahkota bunganya membentuk corong berwarna putih dengan 5 atau 8 lobe. Bunga tumbuh majemuk berkelompok membentuk malai 2-7 bunga. Bagian tengah bunga atau tabung mahkotanya berwarna jingga tua.

Bunga sridaing akan mekar pada sore hari hingga dini hari. Pagi hingga siang hari bunga tersebut biasanya akan berguguran.

Morfologi Buah dan Biji Srigading

Buah srigading berbentuk kapsul berdiameter sekitar 2 cm. Pipih seperti bentuk jantung hingga bulat. Warnanya cokelat. Bagian pangkalnya membulat sedangkan ujungnya runcing. Bijinya keras dan terdapat satu buah biji dalam setiap buah.


Khasiat Tanaman Srigading

Apa manfaat srigading untuk kesehatan ?


Kandungan kimia srigading antara lain :

  • Kandungan bunga srigading banyak mengandung flavonoid, antosianin, minyak esensial, benzofuranon, diterpenoid nycanthin, beta-monogentiobioside, beta-digentiobioside dsb.
  • Daunnya banyak menganding arborside-A, arborside-B, arborside-C, senyawa fenil propanoid glukosida desrhamnosylverbascoside dsb.
  • Bijinya mengandung gliserida, stearic acid, palmitic acid, lignoceric acid, myristic acid, dsb.

Khasiat srigading untuk kesehatan antara lain :

  • Mengobati asma
  • Kulit kayunya dapat mengobati penyakit kulit seperti kudis dan herpes.
  • Bijinya dapat mengatasi kebotakan.
  • Menghilangkan penyakit cacingan.
  • Mengobati demam malaria.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan srigading secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan srigading ya kawan ! Baca juga klasifikasi dan morfologi pulai 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *