KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TANAMAN SUREN

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TANAMAN SUREN

Artikel tentang tanaman suren ini akan menjelaskan ciri ciri suren lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi suren (klasifikasi dan morfologi tanaman suren).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Suren

klasifikasi tanaman suren - foto pohon suren
Foto Pohon Suren

Pohon suren merupakan salah satu jenis pohon yang sangat cepat tumbuh. Suren juga termasuk salah satu jenis kayu yang teringan. Kayunya berbau sangat harum, sehingga seringkali digunakan sebagai bahan mebel.

Bila baru ditebang warnanya keputih-putihan tapi akan berubah menjadi merah muda hingga merah jingga. Serat kayunya bergaris- garis besar memanjang seperti kayu cemara. Suren termasuk salah satu jenis kayu yang teringan.

Di Kepulauan Ulias, Ambon, pohon suren digunakan sebagai bahan pembuatan perahu, karena ringan dan tahan lama dalam air laut. Sedangkan batangnya yang besar sering digunakan untuk rusuk dan papan rumah. Di Jawa dan Bali, kayunya dijadikan papan-papan tipis untuk peti, kotak, dan meja tulis yang diampelas dan divernis hingga berwarna kemerah-merahan dan berurat indah. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi suren :


Klasifikasi Tanaman Suren

Apa klasifikasi ilmiah suren ? Apa nama simplisia suren ?


Nama latin suren atau nama ilmiah suren adalah Toona sureni Merr. Klasifikasi tumbuhan suren adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Filum : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Famili : Meliacea
Genus : Toona (Endl.) Roemer
Spesies : Toona sureni Merr

Tabel klasifikasi suren


Morfologi Tanaman Suren

Apa ciri ciri morfologi suren / ciri ciri tanaman suren ?


Ciri khusus suren / ciri khas suren & struktur morfologi suren yaitu :

Morfologi Batang Suren

Pohon suren memiliki batang kayu yang ringan tapi cukup kuat. Tinggi pohonnya dapat mencapai 60 meter dengan besar batang hingga 2-3 m. Kulit kayunya terlihat pecah-pecah berwarna coklat keputihan dan mengeluarkan aroma yang khas ketika dipotong. Kulit batangnya berbau seperti cendana dan rasanya agak pahit.

Morfologi Daun Suren

Daun suren panjangnya sekitar 10 – 15 cm dan lebarnya sekitar 2,5 – 7 cm. Bentuknya elips. Tersusun spiral dan terlihat berkumpul di ujung ranting. Tepian daun rata. Anak daun terdiri dari 8 – 30 pasang.

Morfologi Bunga Suren

Bunga suren merupakan bunga biseksual tetapi bisa berfungsi uniseksual. Bunganya berwarna kuning keputihan dan mengeluarkan aroma kuat. Tandan bunga berbentuk tandan (racemose), berada di ujung cabang, menggarpu dan menggantung.

Pinggiran mahkota bunga berambut halus. Benang sari atau stamen 5. Bakal buah ditutupi dengan rambut putih halus (tomentosa).

Morfologi Buah dan Biji Suren

Buah suren berbentuk kapsul oval berwarna cokelat tua. Buah ini seringkali diliputi titik putih. Tandannya buah tumbuh di ujung. Setiap satu tandan kurang lebih terdiri atas 100 buah. Panjang buahnya sekitar 3 – 3,5 cm dengan diameter 1 cm.

Setiap buah terbagi menjadi 5 bagian, satu bagiannya terdiri dari 6 – 9 biji yang berbentuk pipih tidak beraturan. Ketika membuka, buah seperti menyerupai bentuk bintang. Berwarna cokelat. Biji bersayap di kedua ujungnya. Panjang biji sekitar 3 – 6 mm dengan lebar 2-4 mm.


Khasiat Tanaman Suren

Apa manfaat suren untuk kesehatan ?


 

Khasiat suren untuk kesehatan antara lain :

  • Rebusan kulit batang dapat dipakai untuk obat demam, diare, dan disentri.
  • Daunnya memiliki aktivitas antioksidan.

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan suren secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan suren ya kawan ! Baca juga klasifikasi tanaman sutra bombay 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *