KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TEMBELEKAN

KLASIFIKASI DAN CIRI CIRI MORFOLOGI TEMBELEKAN

Artikel tentang tanaman obat tembelekan ini akan menjelaskan ciri ciri tembelekan lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi tembelekan (klasifikasi dan morfologi tanaman tembelekan).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Tembelekan

klasifikasi bunga tembelekan - foto bunga tembelekan
Foto Bunga Tembelekan

Nama daerah tembelekan antara lain : kembang telek, saliyara, obio, bunga pagar, puyengan, cente (Sunda), mainco, tamanjho (Madura) dan lai ayam (Sumatera).

Tembekan mempunyai aroma yang khas yang baunya tidak sedap dan kurang mengenakkan. Di Indonesia, tanaman tembelekan banyak ditanam sebagai tanaman pekarangan. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi tembelekan :


Klasifikasi Tembelekan

Apa klasifikasi ilmiah tembelekan & nama simplisia tembelekan ?


Nama latin tembelekan atau nama ilmiah tembelekan adalah Lantana camara L. Klasifikasi tumbuhan tembelekan adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Asteranae
ORDO : Lamiales
FAMILI : Verbenaceae
GENUS : Lantana L.
SPESIES : Lantana camara L.

Tabel klasifikasi tanaman tembelekan


Morfologi Tembelekan

Apa ciri ciri morfologi tembelekan / ciri ciri tanaman tembelekan ?


Ciri khusus tembelekan / ciri khas tembelekan & struktur morfologi tembelekan yaitu :

Morfologi Batang Tembelekan

Tembelekan merupakan tanaman perdu. Pohonnya bisa tumbuh sampai dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dan bisa berdiri tegak hingga setinggi 4 meter. Batangnya berkayu, persegi mempunyai cabang yang banyak. Sedangkan rantingnya sedikit berduri dan berambut.

Morfologi Daun Tembelekan

Daun tembelekan merupakan daun tunggal yang tersusun saling bertolak-belakang. Panjang daunnya sekitar 5 – 8 cm dan lebarnya sekitar 3,5 – 5 cm. Sedangkan panjang tangkai daunnya sekitar 1 cm.

Lembaran daunnya memiliki permukaan atas yang kasar dan berambut banyak, sedangkan permukaan bagian bawah daunnya berambut jarang.  Tepian daun tembelekan bergerigi halus dengan pertulangan daun menyirip. Jika kita meremas daunnya maka daun tersebut akan mengeluarkan aroma yang sangat menyengat.

Morfologi Bunga Tembelekan

Bunga tembelekan berbentuk kumpulan bunga kecil yang membulat dengan perbungaan majemuk. Warna bunganya merupakan perpaduan antara warna merah muda, krem dan jingga. Mahkota bagian dalamnya mempunyai rambut-rambut halus.

Morfologi Buah Tembelekan

Buah tembelekan berbentuk sperikal dan merupakan buah jenis beri yang berair. Tangkai buahnya juga berambut. Warna buahnya akan berubah dari warna hijau ke warna hitam ketika sudah matang.


Khasiat Tanaman Tembelekan

Apa manfaat tembelekan untuk kesehatan ?


Khasiat tembelekan untuk kesehatan antara lain :

  • Daunnya yang masih muda dapat dijadikan obat luka.
  • Akar tembelekan berkhasiat untuk obat antiinflamasi dan penghilang rasa sakit.
  • Khasiat daun tembelekan dapat mengurangi demam dan mencegah tumor.
  • Bunga tembelekan dapat dijadikan zat penghambat pertumbuhan bakteri dan zat antioksidatif

Perlu diketahui bahwa buahnya yang matang sangat disukai burung namun ketika buah masih hijau, buat tersebut banyak mengandung zat yang bersifat racun. Dan kelebihan dosis dapat menyebabkan pusing, mual dan muntah. Harap di ingat bahwa perempuan hamil tidak boleh meminum rebusan tembelekan karena akan memicu kematian janin.


Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan tembelekan secara singkat. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan tembelekan ya kawan ! Baca juga klasifikasi tanaman daun selasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *