KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN SEMPUR

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN SEMPUR

Modul biologi kali ini akan menjelaskan ciri ciri sempur lengkap beserta klasifikasi dan deskripsi sempur (klasifikasi dan morfologi tanaman sempur).


Klasifikasi dan Ciri Ciri Morfologi Tanaman Sempur

klasifikasi pohon sempur
Foto Buah Sempur

Sempur atau simpur merupakan tanaman asli dari Indonesia. Tanaman ini kemudian menyebar ke penjuru dunia seperti Malaysia, Banglades, Nepal, India, Thailand, Srilanka, Cina, dan Vietnam.

Di Indonesia, tanaman sempur banyak tumbuh di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tanaman sempur memiliki batang yang berkayu. Meskipun kayunya terkenal cukup kuat dan awet, tetapi jarang digunakan oleh penduduk karena kayu simpur cenderung bengkok. Berikut ini adalah rincian klasifikasi dan morfologi sempur :


Klasifikasi Sempur

Apa klasifikasi ilmiah sempur ? Apa nama simplisia sempur ?


Nama latin sempur atau nama ilmiah sempur adalah Dillenia indica L. Klasifikasi tumbuhan sempur adalah sebagai berikut :

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Dillenianae
ORDO : Dilleniales
FAMILI : Dilleniaceae
GENUS : Dillenia L.
SPESIES : Dillenia indica L.

Tabel klasifikasi tanaman sempur


Morfologi Sempur

Apa ciri ciri morfologi sempur / ciri ciri tanaman sempur ?


Ciri khusus sempur / ciri khas sempur & struktur morfologi sempur yaitu :

Tanaman simpur banyak tumbuh di daerah dengan ketinggian di bawah 300 meter di atas permukaan laut, khususnya di tepi sungai. Pohonnya cukup besar dan termasuk ke dalam tumbuhan semak perdu.

Morfologi Batang Sempur

Pohon sempur dapat mencapai ketinggian hinga 15-17 m. Seringkali membentuk pohon berukuran kecil atau sedang. Cabangnya cukup banyak dan dapat dijadikan kayu bakar.

Kulit batangnya halus dan cukup tebal dengan motif retak-retak berwarna coklat kemerahan dan keabuan. Kulit batang sempur akan mengeluarkan getah seperti air bila dipotong.

Morfologi Daun Sempur

Daun simpur tumbuh kaku berselang-seling dengan bentuk daun bulat memanjang atau lanset melebar. Daun tersebut bertepi rata dan bergigi. Tangkai daunnya bersayap dan tidak mempunyai daun penumpu.

Tulang daunnya teratur. Urat daun dapat mencapai sekitar 30-40 pasang dan panjang daunnya sekitar 15-36 cm dengan lebar 6-12 cm.

Morfologi Bunga Sempur

Bunga berukuran besar sekitar 15-20 cm dan cukup menarik perhatian karena muncul di ujung ranting. Sepal (kelopak bunga) berbentuk membulat berwarna hijau kekuningan. Petal (mahkota bunga) berbentuk bulat telur berwarna putih dan terpisah, Terkadang tidak mempunyai benang sari yang banyak.

Morfologi Buah Sempur

Buah simpur memiliki banyak bumbung dan terlindung dari pseudocarp. Buah tersebut akan tetap menutup atau akan membuka merekah seperti bentuk bintang. Bentuk buahnya bulat terbentuk dari karpel. Karpel adalah kesatuan organ reproduksi betina, umumnya terdiri dari bakal buah, tangkai putik, dan kepala putik. Dan setiap karpel mempunyai 5 biji.

Daging buahnya dapat dimakan, namun rasanya lumayan asam. Diameter ukuran buahnya sekitar 12-15 cm berwarna hijau kekuningan.


Manfaat Tanaman Sempur

Apa manfaat sempur untuk kesehatan ?


Khasiat sempur untuk kesehatan antara lain :

  • Dapat dijadikan jus untuk mengobati diare, disentri dan demam.
  • Mengobati penyakit kulit.
  • Obat sakit rematik.
  • Kulit kayunya yang dikeringkan yang telah dijadikan bubuk dapat menghilangkan gejala pilek dan masalah pernapasan.
  • Mengobati penyakit diabetes
  • Antileukemia

Itulah penjelasan deskripsi tumbuhan sempur secara singkat. Semoga artikel tentang tanaman sempur ini bisa menambah pengetahuan kamu akan ciri ciri tumbuhan sempur ya kawan ! Baca juga klasifikasi senggani 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *