TAHAPAN KULTUR JARINGAN TANAMAN

TAHAPAN KULTUR JARINGAN TANAMAN

Artikel bioteknologi kali ini akan menjelaskan tahapan kultur jaringan beserta gambarnya (mekanisme pembuatan kultur jaringan)


Tahapan Kultur Jaringan Tanaman

Bagaimana langkah kultur jaringan tanaman / proses pembuatan kultur jaringan ?


Tahapan kultur jaringan secara umum yaitu :

tahapan kultur jaringan beserta gambarnya
Tahapan Kultur Jaringan Tumbuhan

1. Pembuatan Media Kultur

Media merupakan faktor penting dalam kultur jaringan. Komposisi media yang digunakan sangatlah bervariasi, semua tergantung dari jenis tanaman apa saja yang akan diperbanyak.

2. Intisiasi

Intisiasi adalah pengambilan eksplan dari suatu bagian tumbuhan. Bagian yang sering dipakai biasanya tunas.

3. Sterilisasi

Sterilisasi adalah melakukan kegiatan kultur jaringan di tempat yang steril serta juga menggunakan bahan dan peralatan yang steril. Eksplan bisa kita rendam dengan bahan kimia sterilan untuk membunuh mikroba yang dapat mengganggu eksplan.

4. Multiplikasi

Multiplikasi adalah kegiatan memperbanyak calon tanaman dengan menanam eksplan pada media kultur yang terbuat dari agar, dimana media kultur tersebut sudah diperkaya dengan unsur mikro dan makro maupun hormon pertumbuhan lainnya. Kegiatan multuplikasi ini sebaiknya dilakukan di laminar flow untuk mencegah terjadinya kontaminasi pertumbuhan eksplan.

5. Pengakaran

Pengakaran adalah munculnya kalus pada eksplan yaitu pertumbuhan akar yang menandai bahwa proses kultur jaringan yang dilakukan mulai berjalan dengan baik. Subkultur dapat dilakukan sampai beberapa kali sampai kalus tumbuh menjadi plantlet.

6. Aklimatisasi

Aklimatisasi adalah kegiatan memindahkan eksplan yang telah menjadi plantlet keluar dari ruangan aseptic ke bedeng. Biasanya akar plantlet dicuci bersih kemudian ditanam dipot-pot kecil yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Kemudian setelah tumbuh kuat barulah tanaman tersebut ditanaman di lahan pertanian ataupun tanah yang terkena sinar matahari secara langsung.


Itulah penjelasan singkat mengenai tahapan kultur jaringan tanaman. Semoga kalian semakin tahu akan cara kultur jaringan tanaman ya. Baca juga pengertian kultur jaringan pada tumbuhan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *